Mengenai Kami

Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (HIMA PERSIS) merupakan organisasi kemahasiswaan dibawah naungan Persatuan Islam. Hima Persis memiliki motto pergerakan "Wamaa Yadzdzakkaru Illa Ulul Albab" yang bermakna bahwa setiap esensi dan makna kehidupan ini hanya berlaku untuk orang yang berfikir dan bermuhasabah. Lanjutkan...

Friday, August 12, 2016

Silatda 3 siap dilaksanakan kembali

Share & Comment
silatda-3-santri-persis-cianjurMerupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Hima dan Himi Persis Cianjur, kegiatan Silaturahmi Daerah (SILATDA) Santri Persis se-kabupaten Cianjur yang menginjak kali ketiga ini akan kembali digelar. Bertempat di PPI (Pesantren Persatuan Islam) Sukaresmi, kp. Salagombong, kec. Sukaresmi, kegiatan SILATDA 3 ini menjadi saksi sejarah event akbar dwi-tahunan tersebut. Dan Silatda 3 siap dilaksanakan kembali.

SILATDA atau singkatan dari Silaturahmi Daerah Pelajar Persatuan Islam bagian ke II ini merupakan sebuah transformasi struktural kegiatan dari Silatnas (Jambore Nasional sekarang), dan Silatda ini hanya dalam ranah daerah saja. Kegiatan ini difokuskan pada meet and greet para pelajar Persis yang ada di daerah Cianjur. Untuk tahun ini, SILATDA 3 akan digelar pada hari Jum’at-Ahad, 26-28 Agustus 2016.

Mengenai konsep acara tersebut, kami mengundang seluruh Pesantren atau Sekolah lain yang berbasis Persis yang ada di Kab. Cianjur tingkat Tsanawiyyah untuk bersilaturahmi sekaligus melakukan perlombaan persahabatan dari cabang keilmuan, kesenian dan olahraga.

Untuk SILATDA 3 ini, jenis perlombaan semakin beragam dengan ditambahkannya pelajaran kepesantrenan yakni Nahwiyah-Shorof, Mustholahul-Hadits, dan Fiqh-Ushul Fiqih sebagai materi lomba. Untuk cabang keilmuan tetap seperti tahun lalu, meliputi lomba debat, cerdas cermat, pidato 3 bahasa; Inggris, Sunda, dan Arab. Sedangkan untuk cabang kesenian meliputi lomba puisi, kaligrafi-IMLA, dan nasyid. Dan cabang olahraga mencakup voli, futsal, pingpong, dan sprint.

Santri bukanlah santri yang hanya fokus pada pelajaran dikelas. Santri harus belajar untuk bisa bersosialisasi dan berkompetisi didunia luar yang mungkin belum mereka jamah sebelumnya. Itulah ruh dari kegiatan SILATDA 3 ini”, tutur Ujang Jajuli sebagai ketua pelaksana kegiatan tersebut, yang beberapa waktu lalu ditanyai oleh tim Hima Persis Cianjur press.

Ketua HIMA PERSIS CIANJUR, Ikhwan Luthfi A pun berpendapat, “Momen terpenting dalam SILATDA 3 ini adalah “silaturahmi dan komunikasi” santri antar pesantren se-Cianjur. Tak penting siapa yang menang atau kalah. Santri minimal memiliki pengalaman dalam berkompetisi mencoba membanggakan pesantrennya. Dan yang terutama, santri bisa terbuka matanya, bahwa santri Persis ini tidak hanya pada satu tempat, mereka pun bisa memiliki teman diluar sekolahnya”.

Memang tidak mudah memberikan kontribusi demi kelancaran proses kaderisasi ini, slalu ada hambatan teknis maupun teoritis. Tetapi tak akan menyurutkan semangat berjuang kami. Selalu ada hal kecil yang dapat dipelajari disini, salah satunya adalah kebersamaan dan through team work yang sering diabaikan oleh para panitia”, sambut Hana Yuliandani selaku ketua HIMI PERSIS CIANJUR.

In Sya Allah dalam kesempatan ini akan dihadiri oleh bpk. bupati Cianjur; H. Irvan Rivano Muchtar, S.Ip, SH, M.Si, ketua PP PERSIS, KH. Aceng Zakaria, serta ketua PD PERSIS dan seluruh otonom. Kegiatan ini pula akan dimeriahkan oleh pagelaran Casmin (Calung santri mu’allimien 04 Cianjur), Angklung 04 Cianjur, dan grup KAREZNA.

Merupakan sebuah PR besar bagi kami, mengingat tanggung-jawab yang diemban ini tidak hanya berlaku pada saat kegiatan berlangsung, tetapi bisa direalisasikan aktualisasinya di hari setelahnya. Komunikasi dan silaturahmi santri harus selalu diberikan wadah bagi santri agar terjalinnya hubungan santri (pesantren secara umum) yang harmonis.


Semoga dengan berlangsungnya kegiatan SILATDA 3 SANTRI PERSIS ini, membawa banyak dampak positif bagi keberlangsungan Hima-Himi Persis secara khusus, dan Islam secara umumnya. Selalu menjadi manusia baik dimata Allah, adalah motivasi kami.

Bravo Hima-Himi Persis Cianjur…...!!

posted by: Information and Communication Department of Hima Persis Cianjur
Tags:

Ditulis oleh

Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (HIMA PERSIS) merupakan organisasi kemahasiswaan dibawah naungan Persatuan Islam. Hima Persis memiliki motto pergerakan "Wamaa Yadzdzakkaru Illa Ulul Albab"

0 komentar:

Post a Comment

 

Program Kami

Silatda

Artikel Islami

Islam Berbicara

Mengenai Hima Persis Cianjur

Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (HIMA PERSIS) merupakan organisasi kemahasiswaan dibawah naungan Persatuan Islam. Hima Persis memiliki motto pergerakan "Wamaa Yadzdzakkaru Illa Ulul Albab" yang bermakna bahwa setiap esensi dan makna kehidupan ini hanya berlaku untuk orang yang berfikir dan bermuhasabah. Lanjutkan...
Copyright © Hima Persis Cianjur | Designed by Templateism.com | Managed by Nineteenboy