Mengenai Kami

Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (HIMA PERSIS) merupakan organisasi kemahasiswaan dibawah naungan Persatuan Islam. Hima Persis memiliki motto pergerakan "Wamaa Yadzdzakkaru Illa Ulul Albab" yang bermakna bahwa setiap esensi dan makna kehidupan ini hanya berlaku untuk orang yang berfikir dan bermuhasabah. Lanjutkan...

Tuesday, September 13, 2011

DESA BINAAN dan PANGAOSAN JAMAAH

Share & Comment
Bismillah wa syukrillah ‘ala ni’amillah.. Kembali Pimpinan Daerah Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam Cianjur posting di media informasi untuk ummat ini demi menjalankan misi suci sebagai pembentukan insan Ulul Albab dimuka bumi ini, Amien.
Sebagai mahasiswa yang senang dengan dinamisasi dan akulturasi baik bersifat akademis atau social, Hima Persis Cianjur bertekad dengan sekuat tenaga dengan segala kekurangan yang dimiliki untuk menjadi manusia yang bermanfaat bagi manusia lain, karena sesuai dengan tuntunan Rosulullah SAW yang menyatakan: Khoirunnas anfa’uhum linnaas. Artinya: orang yang baik adalah yang bermanfaat bagi orang lain.



Selaras dengan hal tersebut, di trilogi perguruan tinggi menyatakan bahwa ada tiga poin penting yang direkomendasikan oleh mahasiswa progresif ketika terjun didunia sosial setelah menyelesaikan pendidikan formalnya, yakni; pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Dimana ketiga hal tersebut bukan merupakan sebuah kewajiban, namun hal tersebut bersifat paksaan secara halus kepada seluruh mahasiswa untuk senantiasa menjadi insan yang berguna bagi orang lain.

Sadar akan pentingnya tridarma tersebut, khususnya pada poin no 3 – pengabdian – yang menuntut mahasiswa bisa mendedikasikan segala pemikiran dan pengabdian secara khidmat kepada masyarakat sebagai wujud sosialitas yang tinggi. Oleh karena itu Hima Persis Cianjur tidak ingin menafikan tridarma tersebut hanya sebatas teori yang tanpa bukti. Kami akan terus berusaha mengoptimalkan seluruh daya upaya untuk terus dalam naungan Jihad dengan merealisasikan berbagai event yang berhubungan langsung dengan masyarakat khususnya di Cianjur.

Program desa binaan dan pangaosan (pengajian) jamaah Persatuan Islam di Cianjur dilaksanakan sebagai upaya pengabdian kepada masyarakat meskipun masih terbatas ruang dan waktu.

Tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini tidak lain dan tidak bukan semata-mata menyambung tali silaturahmi dalam naungan Islam pada masyarakat yang kurang tersentuh dari binaan agama. Hima Persis Cianjur memang bukanlah organisasi yang berdedikasi khusus pada sosial kemanusiaan, apalagi membina jamaah tertentu. Namun dikarenakan founding father kami (Persis Cianjur) yang kurang waktu luang untuk menggarap jamaah tersebut yang memang jauh dari jangkauan transportasi, menyebabkan kami terpanggil dan harus meneruskan perjuangan mereka saat ini.

Semangat kami berjihad, senantiasa dibarengi dengan proses pembelajaran yang dilakukan secara komprehensif, jihad kami tidak dilakukan dengan apa adanya (kekurangan pengetahuan), namun dijalankan dengan persiapan-persiapan yang sesuai dengan pesan-pesan orang tua kami.

Sampai saat ini, Alhamdulillah ada 4 jamaah yang kami bina bertempat di Cianjur Utara perbatasan antara Cianjur dan Bogor, yang memang secara geografis sangat sulit ditemukan alat transportasi massal selain ojeg. Oleh karena itu, kami selalu melakukan perjalanan ketempat dituju dengan jalan kami. Cape memang, tapi disanalah nikmat berjihad. Dan yang terdekat adalah bertempat tak jauh memang dari basecamp kami – By Pass – namun dikarenakan beberapa hal menyebabkan ini kurang dilirik oleh Persis Cianjur.

Dengan jarak kurang lebih 8 km, dan rute yang berbelit dengan jalanan berbatu dan tanah merah, menyimpan kenangan tersendiri dan kenikmatan berbeda ketika dibandingkan dengan perjalanan menggunakan kendaraan.

Namun, hal tersebut tidak menyebabkan kami kapok untuk tidak melakukannya lagi. Alhamdulillah program tersebut lancar terealisasi terhitung bulan Februari sampai Juli 2011, sudah 7 bulan kami menjalaninya. Frekuensi kegiatan dilakukan sebulan sekali tiap minggu ketiga perhitungan kalender Hijriyyah.

Dalam kesempatan itu, kami mengisi beberapa kegiatan, yakni pangaosan jamaah sekaligus silaturahmi ke Jamaah setempat dengan memberikan beberapa informasi paling update tentang ke-Persisan skala regional maupun nasional.

Itulah sekilas mengenai kegiatan desa binaan dan pangaosan jamaah yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam Cianjur. Mudah-mudahan diberikan kemudahan dan kelancaran bagi yang melaksanakan juga yang mendukung kegiatan tersebut.

Bravo Hima Persis….!!!



وما يذّكّر الاّ اولو الالباب

Tags:

Ditulis oleh

Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (HIMA PERSIS) merupakan organisasi kemahasiswaan dibawah naungan Persatuan Islam. Hima Persis memiliki motto pergerakan "Wamaa Yadzdzakkaru Illa Ulul Albab"

0 komentar:

Post a Comment

 

Program Kami

Silatda

Artikel Islami

Islam Berbicara

Mengenai Hima Persis Cianjur

Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (HIMA PERSIS) merupakan organisasi kemahasiswaan dibawah naungan Persatuan Islam. Hima Persis memiliki motto pergerakan "Wamaa Yadzdzakkaru Illa Ulul Albab" yang bermakna bahwa setiap esensi dan makna kehidupan ini hanya berlaku untuk orang yang berfikir dan bermuhasabah. Lanjutkan...
Copyright © Hima Persis Cianjur | Designed by Templateism.com | Managed by Nineteenboy